Kamis, 14 Maret 2019

STUDY KASUS TENTANG PERKEMBANGAN PASAR “ ONLINE SHOP ”


Baiklah kali ini kita akan membahas tentang perkembangan pasar yang berupa pasar onlaine shop teman-teman
seperti yang anda ketahui saaat ini sedang marak yang namanya onlaine shop 
bagi yang ingin mengetahui secara detai seperti apa, akan dijelaskan pada study kasus dibawah ini
SEMOGA BERMANFAAT TEMAN-TEMAN 😄😄😄

PAPER STUDY KASUS
PERKEMBANGAN PASAR
“ ONLINE SHOP ”


DISUSUN OLEH:

KURNIASIH (1723048)

DOSEN PENGAMPUH: Echi Kurniati, M. Si

AMIK AKMI BATURAJA
PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
TAHUN AJARAN 2018




KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Studi Kasus Online shop. Dan kami juga berterimakasih kepada Ibu Echi Kurniati M, Si selaku Dosen mata kuliah pengantar ekonomi yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita tentang kemajuan Teknologi Informasi pada saat ini. Kami juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik, saran dan usulan demi perbaikan makalah yang telah kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.
Semoga makalah sederhana ini dapat dipahami bagi siapapun yang membacanya. Sebelumnya kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun dari Anda demi perbaikan makalah ini di waktu yang akan datang.


1.  PENGERTIAN PASAR
Pasar Secara Sederhana adalah Tempat dimana adanya pertemuan antara pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa.Pasar Secara Secara Luas adalah adanya orang-orang yang mempunyai keinginan untuk memenuhi kebutuhan, uang untuk belanja serta kemauan untuk membelanjakannya.Sedangkan berdasarkan Teori ekonomi pasar adalah Pertemuan antara penawaran dan permintaan dan saat terjadinya harga keseimbangan,Maka Pasar dikatakan sebagai tempat terjadinya komunikasi antara penjual dan pembeli, terjadinya hubungan antara penawaran yang dilakukan oleh produsen dengan permintaan yang dilakukan oleh konsumen. Pada umumnya pasar memang dapat dilihat secara konkrit, dimana penjual dan pembelinya dapat bertemu secara langsung dan mengadakan transaksi pada suatu tempat. Namun dalam perekonomian yang modern saat ini, pasar bisa saja abstrak artinya penjual dan pembelinya tidak bertatap muka secara langsung, namun bisa melakukan transaksi.

 2.      JENIS-JENIS PASAR
            Jenis–jenis pasar dapat dibedakan menurut dengan bentuk kegiatan, cara bertransaksi, menurut waktunya, serta menurut jenis barangnya.
          A.    Jenis-Jenis Pasar Menurut Bentuk Kegiatannya  
            Jenis pasar ini dibagi menjadi 2 yaitu pasar nyata atau pasar tidak nyata. Berikut penjelasannya :
1.      Pasar Nyata 
               Pasar nyata merupakan sebuah pasar dimana terdapat berbagai jenis barang yang diperjualbelikan serta dapat dibeli oleh pembeli. Contoh dari pasar nyata ialah pasar swalayan dan pasar tradisional.
2.      Pasar Abstrak
Pasar abstrak merupakan sebuah pasar dimana terdapat para pedagang yang tidak menawar berbagai jenis barang yang dijual serta tidak membeli secara langsung, namun hanya menggunakan surat dagangan saja. Contoh dari pasar abstrak adalah pasar online, pasar modal, pasar valuta asing, dan pasar saham.
B.     Jenis-Jenis Pasar Menurut Cara Transaksinya
Jenis pasar ini dibedakan menjadi pasar tradisional serta pasar modern.
1.    Pasar Tradisional
Pasar tradisional ialah pasar yang sifatnya tradisional dimana para pembeli dan penjual dapat saling tawar menawar secara langsung. Berbagai jenis barang yang diperjualbelikan merupakan barang yang berupa barang kebutuhan pokok sehari-hari.
2.      Pasar Modern
Pasar modern merupakan suatu pasar yang sifatnya modern dimana terdapat berbagai macam barang diperjualbelikan dengan harga yang sudah pas dan dengan layanan sendiri. Tempat berlangsungnya dari pasar modern adalah di plaza, mal, dan tempat-tempat yang lainnya.

C. Jenis-Jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya
Terdapat beberapa pasar hanya menjual 1 jenis barang tertentu, misalnya seperti pasar sayur, pasar hewan, pasar ikan pasar buah, pasar daging, dan lain sebagainya.
1.      Pasar Barang Konsumsi
Pasar barang konsumsi merupakan suatu pasar yang memperjualbelikan berbagai jenis barang yang dapat dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan hidup manusia.
2.      Pasar Sumber Daya Produksi
Pasar sumber daya produksi merupakan suatu pasar yang memperjualbelikan tentang faktor-faktor produksi, contohnya : tenaga kerja, mesin-mesin, tanah, dan tenaga ahli.

D. Jenis-Jenis Pasar Menurut Waktunya
Jenis pasar menurut waktunya dapat digolongkan ke dalam beberapa bentuk, antara lain :
1.      Pasar Harian
Pasar harian ialah tempat pasar di mana merupakan pertemuan antara pembeli serta penjual yang dapat dilakukan setiap harinya. Pasar harian pada umumnya menjual berbagai jenis barang kebutuhan konsumsi, kebutuhan jasa, kebutuhan bahan-bahan mentah, dan kebutuhan produksi.
2.      Pasar Mingguan
Pasar mingguan ialah pasar yang dilakukan setiap seminggu sekali. Biasanya pasar mingguan terdapat di daerah yang penduduknya masih, seperti di pedesaan.
3.      Pasar Bulanan
Pasar bulanan ialah pasar yang dilakukan sebulan sekali, dan terdapat di daerah-daerah tertentu. Biasanya terdapat para pembeli di pasar tersebut yang membeli barang-barang tertentu dan kemudian dijual kembali, contoh pasar bulanan adalah pasar hewan.
4.      Pasar Tahunan
Pasar tahunan ialah pasar yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Pasar tahunan pada umumnya bersifat nasional serta diperuntukkan untuk promosi terhadap suatu produk baru. Contoh pasar tahunan : Pameran Pembangunan, Pekan Raya Jakarta, dan lain sebagainya.
5.      Pasar Temporer
Pasar temporer ialah pasar yang diselenggarakan pada waktu tertentu serta pasar temporer dapat terjadi secara tidak rutin. Pada umumnya, pasar temporer dibuka guna merayakan peristiwa tertentu. Contoh dari pasar temporer adalah Bazar.

E. Jenis-Jenis Pasar Menurut Keleluasaan Distribusi
Terdapat jenis pasar ini dapat dibedakan menjadi :
1.    Pasar Daerah
Pasar daerah ialah suatu pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 daerah produk tersebut dihasilkan. Dapat juga dikatakan bahwa pasar daerah melayani permintaan serta penawaran hanya dalam 1 daerah.
            2.      Pasar Lokal
Pasar lokal merupakan suatu pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 kota tempat produk tersebut dihasilkan. Dapat juga dikatakan pasar lokal melayani permintaan serta penawaran hanya dalam 1 kota.
3.      Pasar Nasional
Pasar nasional merupakan suatu pasar yang membeli dan menjual produk di dalam 1 negara tempat produk tersebut dihasilkan. Dapat juga dikatakan pasar nasional melayani permintaan serta penjualan dari dalam negerii.
4.      Pasar Internasional
Pasar internasional merupakan suatu pasar yang membeli dan menjual produk dari berbagai negara. Dapat juga dikatakan luas jangkauan dari pasar tersebut adalah di seluruh dunia. Contoh : Pasar kopi di Santos, Brazil.

F. Jenis-Jenis Pasar Menurut Bentuk serta Strukturnya
Jenis pasar ini dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu pasar persaingan sempurna, persaingan monopolistik, pasar oligopoli, serta pasar monopoli.
1.      Pasar Persaingan Sempurna
Jenis pasar persaingan sempurna dapat disebut juga pasar persaingan murni yaitu merupakan pasar di mana terdapat banyak pembeli dan penjual serta mereka sudah mengetahui keadaan pasar.


Pasar persaingan sempurna mempunyai beberapa ciri-ciri sebagai berikut :
1) Barang yang diperjualbelikan sifatnya homogen (sejenis).
2) Pembeli ataupun penjual mempunyai informasi yang lengkap mengenai pasar.
3) Terdapat banyak pembeli dan penjual.
4) Harga yang sudah ditentukan oleh pasar.
5) Semua faktor produksi dapat bebas keluar masuk pasar.
6) Tidak terdapat campur tangan dari pemerintah.

Kelebihan pasar persaingan sempurna :
1) Pembeli dapat dengan bebas memilih produk.
2) Tidak terdapat hambatan dalam mobilitas berbagai macam sumber ekonomi dari suatu usaha ke usaha lainnya.
3) Dapat memaksimalkan efesiensi.
4) Kebebasan memilih dan bertindak.

Kelemahan pasar persaingan sempurna :
1) Tidak mendorong inovasi.
2) Membatasi pilihan konsumen atau pembeli dalam satu barang tertentu.
3) Persaingan sempurna yang memberikan ongkos sosial.
4) Distribusi pendapatan yang tidak merata.


Contoh dari pasar persaingan sempurna adalah pasar berbagai jenis hasil pertanian.
1.      Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar jenis ini merupakan kebalikan dari pasar persaingan sempurna. Untuk pasar persaingan tidak sempurna merupakan pasar yang terdiri dari sedikit penjual serta banyak pembeli. Pada pasar ini para penjual dapat untuk menentukan harga barang. Barang-barang yang diperjualbelikan tersebut memiliki jenis yang berbeda beda atau terdapat berbagai jenis barang.
Jenis-jenis pasar persaingan tidak sempurna mempunyai bentuk-bentuk pasar, antara lain :
*      Pasar Monopoli
Pasar monopoli merupakan suatu pasar yang terjadi ketika seluruh penawaran terhadap sebuah barang pada pasar yang telah dikuasai oleh salah seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.

Berikut ciri-ciri pasar monopoli :
1) Hanya terdapat 1 penjual sebagai pengambil keputusan harga (guna melakukan monopoli pasar).
2) Penjual lain tidak dapat menyaingi dagangannya.
3) Pedagang lain tidak dapat masuk, hal ini karena adanya hambatan dengan undang-undang atau karena terdapat teknik yang canggih.
4) Jenis barang yang diperjualbelikan tersebut hanya semacam.
5) Tidak ada campur tangan dari pemerintah dalam masalah penentuan harga.

Kelebihan pasar monopoli :
1) Keuntungan penjual yang relatif tinggi.
2) Bagi produk yang menguasai hajat hidup orang pada umumnya diatur oleh pemerintah.

Kelemahan pasar monopoli :
1) Pembeli atau konsumen tidak terdapat pilihan lain untuk membeli tersebut.
2) Keuntungan hanya terpusat ke 1 perusahaan.
3) Terjadinya eksploitasi pembeli.

Contoh pasar monopoli : PT Pertamina (persero), dan lain sebagainya.
*      Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar jenis ini merupakan suatu dengan banyak penjual yang menjual barang yang berbeda corak. Pasar jenis ini banyak dijumpai di sektor perdagangan eceran dan jasa. Misalnya jasa salon, toko kelontong, angkutan, dan toko obat.

Pada pasar persaingan monopolistik memiliki ciri-ciri, antara lain :
1) Terdapat banyak penjual dan banyak pembeli.
2) Barang yang dihasilkan yaitu sejenis, namun coraknya berbeda. Seperti : sabun, minyak goreng, pasta gigi, dan lain sebagainya.
3) Terdapat banyak penjual yang memiliki besarnya sama, sehingga tidak terdapat satu penjual yang dapat menguasai pasar.
4) Penjual dapat dengan mudah menawarkan barangnya di pasar.
5) Penjual memiliki sedikit kekuasaan dalam memengaruhi dan menentukan harga pasar.
6) Adanya peluang guna bersaing dalam keanekaragaman jenis barang yang dijual di pasar.

Kelebihan pasar persaingan monopolistik :
1) Penjual tidak sebanyak seperti pasar persaingan sempurna.
2) Produsen akan terpacu untuk berkreativitas.
3) Pembeli atau konsumen tidak mudah untuk berpindah dari produk satu ke produk yang lainnya.

Kelemahan pasar persaingan monopolistik :
1) Biaya yang mahal untuk ke pasar monopolistik, hal ini karena untuk masuk ke pangsa pasar tertentu dibutuhkan adanya riset dan pengembangan produk.
2) Persaingan yang sangat berat, hal ini karena pasar tersebut pada umumnya didominasi oleh berbagai jenis produk ternama.
*      Pasar Oligopoli
Pasar jenis ini merupakan pasar yang terdiri dari beberapa penjual yang menjual suatu barang tertentu, sehingga penjual yang satu dengan yang lainnya dapat memengaruhi harga. Seperti : perusahaan rokok, perusahaan menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan semen, dan industri telekomunikasi.
Pasar oligopoli memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1) Hanya terdapat sedikit penjual saja, sehingga keputusan dari salah satu penjual di pasar tersebut dapat memengaruhi penjual lainnya.
2) Produk-produknya yang berstandar.
3) Kemungkinan terdapat penjual lain untuk masuk ke pasar masih terbuka.
4) Adanya peran iklan yang sangat besar dalam penjualan produk tersebut.

Kelebihan pasar oligopoli :
1) Barang yang dihasilkan memiliki beragam corak.
2) Efesiensi di dalam menggunakan sumber daya.
3) Pengembangan teknologi serta inovasi.

Kelemahan pasar oligopoli :
1) Adanya persaingan harga yang ketat.
2) Banyaknya rintangan yang kuat guna masuk ke pasar oligopoli.  

3.FUNGSI PASAR
Fungsi pasar mempunyai beberapa fungsi yang penting dalam membantu dalam banyak hal, berikut fungsi pasar :

          1.      Fungsi Distribusi Produk
Salah satu fungsi pasar adalah fungsi distribusi produk yang merupakan suatu aktivitas menyalurkan barang atau jasa yang diproduksi oleh produsen kepada para konsumen. Fungsi pasar sebagai tempat distribusi produk, hal ini karena banyak terdapat konsumen, sedangkan penjual sebagai distributor, artinya barang yang dijual tersebut tidak diproduksi sendiri. Misalnya terdapat penjual yang membeli telur ayam dari orang lain yang berternak ayam, kemudian telur tersebut dibawa ke pasar dan dibeli oleh konsumen. Penjual tersebut berperan sebagai distributor, orang yang berternak ayam berperan sebagai produsen, serta pembeli sebagai konsumen. Namun adapula penjual yang berperan sebagai produsen sekaligus sebagai distributor.
2.      Fungsi Penetapan Harga / Nilai
Karena terdapat interaksi antara penjual dan pembeli, maka terdapat juga permintaan serta penawaran dari kedua pihak tersebut. Sehingga terdapat kesepakatan harga kesetimbangan yang dapat dicapai dari interaksi kedua pihak tersebut. Fungsi pasar sebagai tempat penetapan harga dari barang atau jasa yang diperjualbelikan karena terjadinya interaksi serta adanya kesepakatan dari pembeli dan penjual.
3.      Fungsi Promosi
Fungsi pasar merupakan tempat berkumpulnya para konsumen yang merupakan tempat promosi yang sempurna bagi produsen guna memperkenalkan produk mereka. Pada umumnya saat proses promosi dari produsen tersebut berlangsung, mereka akan menawarkan dengan penawaran yang menarik, seperti harga produk tersebut yang lebih murah dibandingkan produk dari produsen yang lainnya. Oleh karena itu, fungsi pasar salah satunya untuk promosi suatu produk atau barang.
4.      Fungsi Penyerapan Tenaga Kerja
Selain terdapat para pedagang dan pembeli, di pasar juga banyak terdapat pihak lain yang dapat terlibat dalam kegiatan ekonomi. Seperti tukang sapu, ojek, tukang parkir, tukang sampah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, fungsi pasar sebagai tempat penyerapan tenaga kerja.
5.      Menyediakan Barang dan Jasa Guna Masa Mendatang
Pasar memiliki peran sebagai fasilitator guna mengelola tabungan dan investasi. Investasi tersebut berfungsi untuk menyediakan barang serta jasa dibutuhkan pada masa yang akan datang. Tabungan dan investasi tersebut akan berinteraksi di pasar. Pasar yang berfungsi untuk memfasilitasi investasi dan tabungan ialah pasar modal. Investor akan mencari pihak-pihak yang mempunyai tabungan untuk keperluan investasinya, serta penabung untuk mencari pihak yang membutuhkan modal. Kedua belah pihak tersebut dapat bertemu di pasar modal.
Dilihat dari jenis pasar yang sudah disebutkan diatas ada salah satu pasar menurut bentuk kegiatannya ada 2 yaitu: Pasar Nyata dan Pasar Abstrak. Di dalam paper ini kami akan membahas lebih lanjut tentang pasar Abstrak atau tidak nyata. Dilihat dari pengertian Pasar Abstrak itu sendiri merupakan sebuah pasar dimana terdapat para pedagang yang tidak menawar berbagai jenis barang yang dijual serta tidak membeli secara langsung, namun hanya menggunakan surat dagangan saja. Contoh dari pasar abstrak adalah pasar online, pasar modal, pasar valuta asing, dan pasar saham.
Kami akan membahas salah satu contoh jenis Pasar Abstrak yang terkenal saat ini yaitu Pasar Online (Online Shop).

   1.     Mekanisme Online Shop
Buat kamu yang masih belum tahu cara pemesanan online shop. Dibawah ini adalah salah satu contoh pemesanan salah satu online shop yaitu “The Body Shop” mekanismenya di bawah ini :
  1. Buka website kami " www.thebodyshop.co.id"
  2. Pilih produk yang diinginkan sesuai dengan kategori produk di menu yang tersedia
  3. Setelah menemukan produk yang dipilih, klik "Buy Now".
  4. Jika kamu ingin membeli produk yang lain, klik "Continue Shopping" setelah selesai memilih produk yang diinginkan kemudian klik "Continue To Checkout". 
  5. Proses selanjutnya adalah pemilihan metode pembayaran (akan muncul menu Payment Information), silakan pilih yang kamu inginkan kemudian klik "Next".
  6. Setelah memilih metode pembayaran, kamu akan masuk ke menu "Step Billing & Delivery". Untuk sampai pada tahap ini kamu diharuskan sudah terdaftar sebagai customer sebelumnya, jika kamu belum terdaftar, silakan registrasi di form yang tersedia. 
  7. Selanjutnya kamu akan masuk menu "Shipment Method" , masukkan nama kota kamu di menu yang tersedia, selanjutnya akan keluar info harga produk & biaya pengiriman. 
  8. Klik "Confirmation" setelah kamu menyelesaikan tahap terakhir (kamu juga bisa melihat kembali produk yang telah dibeli).  
  9. Selanjutnya silahkan melakukan pembayaran melalui metode yang sudah kamu pilih.
  10. Setelah melakukan pembayaran, konfirmasi akan dikirimkan ke email kamu, dimana terdapat kode pengiriman.
  11. Kamu bisa cek apakah barang sudah dikirim atau belum dengan memasukan kode pengiriman ke kolom tracking kode yang ada di halaman depan website di kanan bawah. 
  2.     Sejarah terbentuknya Online Shop di Dunia
Pada tahun 60-an, muncul sebuah sistem EDI (Electronic Data Interchange) yang memungkinkan perusahaan utuk melakukan transaksi secara elektronik. Pada era 60an, sistem transaksi elektronik masih jarang digunakan oleh para pengguna internet. Namun, perusahaan-perusahaan besar telah menggunakan EDI seperti perusahaan kereta api dan beberapa perusahaan transportasi lainnya.
Pada era 70-an tepatnya tahun 1979, seorang pengusaha Inggris bernama Michael Aldrich menemukan sistem belanja online. Ide ini muncul bermula ketika Michael sedang berada di sebuah supermarket dengan istrinya. Michael Aldrich menghubungkan TV domestik dengan real time komputer untuk melakukan transaksi perbankan melalui saluran telepon domestik. Michael memiliki keyakinan bahwa teknologi TV domestik yang dimodifikasi dengan antar muka komputer dan manusia berbasis menu sederhana adalah sesuatu hal yang ”baru, berlaku universal dan merupakan media komunikasi yang partisipatif.”
Pada era 80-an, Michael Aldrich memulai pengerjaan di Redifon Computers yang memungkinkan pemasok, konsumen, pelanggan, agen, distributor dan perusahaan jasa terhubung secara online ke dalam sistem perusahaan sehingga memungkinkan terjadinya transaksi bisnis elektronik secara real time. Sistem ini juga mendukung pengolahan handprint pra-date Internet dan World Wide Web (www) dan Microsoft MS DOS yang terutama dipasang oleh perusahaan-perusahaan besar di Inggris.
Pada tahun ini juga, Minitel yang berasal dari Prancis menjadi pelopor pre-WWW secara online. Selamat tahun tersebut, para pengguna Minitel diwajibkan untuk melakukan pembelian secara online. Di tahun ini juga, B2C yang memiliki singkatan Business to Consumer, diluncurkan pertama kali oleh Tesco. B2C merupakan bisnis online shop pertama di dunia. Pada mulanya, sistem belanja online ini diberi nama Online Basket, yang lalu berganti nama menjadi Belanja Online Trolley.  Pada tahun 1980an, belanja online telah sangat luas dipergunakan di Inggris dan beberapa negara Eropa seperti Perancis yang memasarkan Nissan, General Motors dan Peugeout melalu media online.
Pada tahun 90-an,  server pertama World Wide Web dan Browser diciptakan. Server pertama World Web Wide dan Browser diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990 dan diumumkan serta dapat digunakan oleh publik pada tahun 1991. Pada tahun ini juga, National Science Foundation (NSF) yang membukakan jalan untuk pengguna komersial menjadi pendorong besar bagi industri e-Commerce serta perkembangannya di masa depan.
Inovasi pun terus berkembang pada masa 90an. Pada tahun 1992, toko buku daring pertama dibuat oleh Charles Stack yang diberi nama Book Stacks Unlimited yang sekarang kemudia berkembang menjadi Books.com. Pada tahun 1994, muncul perbankan online, pembukaan toko pizza yang menggunakan sistem online seperti Pizza Hut. Pada tahun ini juga, Netscape memperkenalkan SSL standar v2 enkripsi (SSL encryption of data transferred online) yang menyediakan sistem transfer data dengan aman dan sistem belanja Intershop.
Hanya berselang 1 tahun yaitu pada tahun 1995, muncul sistem belanja online yang terkenal hingga sekarang yaitu Amazon.com yang kemudian disusul dengan kemunculan Ebay. Tidak hanya perkembangan di situs belanja online, berbagai sistem yang mendukung belanja online juga bermunculan. Pada tahun 1998, muncul PayPal yang dapat membantu setiap transaksi online. PayPal merupakan gabungan dari X.COM, Cofinity dan perusahaan jasa keuangan. Pada akhir era ini juga, Google dan Yahoo memasuki dunia online shop dan e-commerce. 
3.     Sejarah terbentuknya Online Shop di Indonesia
Menurut situs wikipedia.org, Bisnis online dikenal dan digambarkan sebagai Perdagangan elektronik. Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
E-Commerce mungkin sebuah konsep yang relatif baru dibandingkan dengan fenomena lain; namun akan menarik untuk mengikuti sejarah tidak peduli betapa singkat. Tentu saja konsep perdagangan internasional telah ada untuk waktu yang lama dan orang-orang telah terlibat dalam pertukaran yang baik dan jasa dalam bentuk impor / ekspor dan sumber global dalam bentuk lain sejak kembali panjang. Dalam artikel ini sejarah singkat e-commerce, kita akan melihat sehingga kontribusinya terhadap konsep perdagangan internasional dapat diputuskan dalam perspektif yang benar serta perannya dalam mempromosikan perpindahan lintas batas baik dan jasa atau impor / ekspor dan global sumber.
Dalam arti sebenarnya dari dunia e-commerce telah ada jauh sebelum penggunaan evolusi dan umum dari mesin keajaiban yaitu komputer. Hal ini seharusnya tidak mengejutkan karena teknologi elektronik telah ada sejak jauh sebelum munculnya komputer dan telah menjadi fenomena perdagangan internasional dalam berbagai bentuk seperti impor / ekspor dan mencari alternatif yang layak telah ada, yang membentuk global sourcing.
Masih ini tidak berarti bahwa e-commerce telah ada selama berabad-abad, tetapi catatan yang tersedia awal atau e-commerce tersedia sedini tahun 1984 ketika maka pertukaran data elektronik diciptakan, yang membantu perusahaan untuk melaksanakan transaksi mereka dalam banyak lebih dapat diandalkan cara dari sebelumnya dalam hal perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global.
Catatan pertama dari perusahaan membiarkan orang membeli barang dari komputer hadir pada awal 1992 dalam bentuk Compuserve, yang tidak mungkin menawarkan dorongan besar untuk perdagangan internasional, impor / ekspor atau sumber global tapi itu memberikan dasar yang sederhana untuk pengembangan masa depan di arena.
Tahun 1995 tidak bisa dilupakan karena menandai awal dari dua raksasa dari Amazon dan Ebay yang tidak membutuhkan pengenalan hari ini sudah pasti memberikan kontribusi dengan cara mereka sendiri untuk perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global. Infact sedini tahun 1999, penjualan ritel di internet telah mencapai setinggi dua puluh miliar dolar.
Sebenarnya, sejak kapankah bisnis online menjadi booming di dunia? Inilah sejarah E-commerce atau di Indonesia kita kenal sebagai bisnis online. Perkembangan bisnis yang sangat pesat, menimbulkan persaingan pasar yang cukup ketat. Setiap harinya muncul pelaku bisnis yang mengenalkan produknya dengan kreativitas dan inovasi baru, sehingga persaingan pasar pun tidak bisa dihindarkan lagi. Jika para pelaku usaha online tidak berusaha menjadi diri yang kreatif dan inovatif, usahanya hanya akan tergerus persaingan pasar.
Kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnis , menjadi salah satu kunci sukses sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Peningkatan dua situ mencapai hingga 31% di indonesia, perkembangan e-commerce di tandai dengan bertmbuh nya situs jual beli di tambah dengan marak nya istilah startup yang dipakai oleh kaum muda di indonesia untuk memulai bisnis berbasis intenet. Di indonesia mencari referensi kebutuhan barang atau jasa dilakukan melalui media internet, data spire menunjukkan 90% orang mencari referensi/informasi melalui rekomendasi dari orang yang mereka kenal, sementara sejumlah 10% merupakan opini atau testimoni mereka saja.
Keuntungan-keuntungan lain yang dapat dimanfaatkan para pelaku bisnis online yaitu: kemudahan dalam segi modal, karena bisnis online tidaklah terlalu membutuhkan modal yang besar, cukup dengan satu unit komputer dan jaringan internet.
Manfaatkan jaringan internet untuk menjangkau konsumen, karena internet bersifat global dan mendunia sehingga kita dapat menjangkau kosumen yang jauh dengan mudah dengan mempromosikan produk dengan mudah di internet. salah satu caranya dengan membuat blog atau website sederhana.
 4.     Pengertian Online Shop
Belanja online atau yang sering disebut dengan e-shopping merupakan suatu bentuk perdagangan yang mempertemukan konsumen dengan penjual melalui jaringan internet dan tidak perlu bertatap muka secara langsung untuk melakukan transaksi hanya melalui browser web. Nama lainnya seperti e-shop, e-store, internet shop, web-shop, web-store, toko virtual, toko online dan e-webstore. Perkembangan teknologi ini juga telah membawa banyak perubahan dalam gaya hidup masyarakat sekarang yang lebih sering berinteraksi di dunia maya. Bahkan untuk berbelanja, orang sekarang lebih menyukai belanja online karena lebih praktis, menghemat waktu dan dapat melakukan perbandingan harga dengan cepat.
5.     Cara Kerja Online Shop
Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai Online Shop yaitu:

a.      Menentukan Produk yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk atau jasa apa yang akan dijual secara online. Ada banyak sekali jenis produk yang bisa dijual. Mulai dari baju, tas, sepatu, perlengkapadan bayi, makanan, dan lain sebagainya.
Pilihlah produk yang Anda sukai dan kuasai karena akan membuat Anda lebih senang menjalankan usaha online shop Anda nantinya. Misalnya Anda adalah wanita berhijab, bisa menjual baju-baju hijab. Atau jika Anda suka bercocok tanam, bisa menjual bunga atau bibit tanaman dan lainnya.
Dengan menjalankan bisnis yang sesuai pasion akan membuat Anda lebih senang melakukannya, dan peluang untuk bisa berhasil akan semakin besar.

b.      Produsen, Reseller Atau Dropship?

Selanjutnya Anda harus menentukan, apakah akan menjadi produsen, reseller, atau dropshiper. Ketiganya memiliki sistem yang berbeda.
Untuk menjadi produsen tentunya Anda harus punya produk sendiri. Misalnya membuat baju, tas, atau jilbab sendiri. Untuk menjadi produsen tentunya modal yang Anda butuhkan akan lebih besar.
Sedangkan menjadi reseller berarti Anda menjual produk orang lain dan Anda harus stok barang. Anda membeli barang dari produsen lalu menjualnya kembali dengan mengambil keuntungan dari selisih harga. Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan harga ecer. Modal yang dibutuhkan tidak sebesar menjadi produsen.
Untuk menjadi dropshiper, Anda nyaris tidak butuh modal. Seorang dropshipper bisa menjual produk orang lain tanpa perlu stok barang terlebih dahulu, tidak perlu pusing memikirkan proses packing dan pengiriman barang. Semua proses pengiriman dilakukan oleh supplier Anda.
Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi Anda saat ini. Bila Anda seorang pemula, maka sangat disarankan untuk mengawali bisnis online shop dengan cara menjadi dropshipper.

c.       Media  Promosi

Untuk menjalankan bisnis online shop, Anda akan membutuhkan media promosi untuk menjajakan produk yang Anda jual. Kalau dulu mungkin para pemula sulit ya untuk mulai berjualan. Untungnya dengan kemajuan teknologi dan berbagai media online sekarang ini, bisa  digunakan untuk berjualan ataupun untuk membranding usaha online shop Anda.
Beberapa channel yang sering digunakan untuk berjualan ataupun branding adalah situs media sosial, situs marketplace, blog, ataupun jaringan periklanan berbayar seperti Google Adwords dan Facebook Ads. Saat ini marketplace di indonesia semakin bermacam, misalnya Tokopedia, Bukalapak, Indotrading, dan lain-lain. Anda bisa pilih marketplace yang paling cocok dengan produk Anda.

d.      Strategi Promosi

Selain menemukan media promosi yang tepat, Anda juga harus menemukan strategi promosi yang tepat untuk bisnis online shop Anda. Tanpa adanya strategi promosi yang tepat maka kemungkinan besar produk yang dijual akan sulit laku atau tidak memiliki konsumen setia.
Salah satu strategi promosi bisnis online shop yang sangat efektif saat ini adalah dengan menggunakan strategi endorse melalui beberapa orang yang berpengaruh. Misalnya di Instagram, bisa endorse ke selebgram atau artis. Untuk melakukan endorse tentunya membutuhkan modal promosi yang cukup besar.
Selain strategi endorse, promosi dengan menggunakan Facebook Ads dan Google Adwords juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Dan tentu saja kita harus melakukan banyak campaign agar bisa menemukan strategi promosi yang paling efektif.

6.     Perkembangan Online Shop di Indonesia
Pada era 2000-an hingga sekarang, sistem belanja via online terus berkembang di seluruh dunia bahkan di Indonesia. Hal ini tentunya didukung oleh semakin banyaknya pengguna internet di Indonesia baik di kota besar maupun daerah. Di Indonesia, terdapat tiga jenis penjualan melalui internet yang memungkinkan anda untuk belanja online. Sistem pertama adalah toko online. Situs toko online biasanya menyediakan segala jenis kebutuhan yang anda butuhkan yang dibagi per kategori di dalam situsnya sendiri seperti MyBigMall, Lazada, Toko Pedia, BukaLapak, Shopee, OLX atau berbagai toko online yang hanya menjual produk spesifik andalan mereka.
Jenis belanja online kedua adalah situs pasar online. Beberapa situs pasar online di Indonesia seperti Berniaga, Kaskus, Olx dan sebagainya. Jenis situs belanja online ketiga adalah pasar media sosial yang memanfaatkan media sosial untuk berjualan seperti menggunakan media sosial Instagram, Facebook, Twitter dan berbagai media sosial lainnya.
Dikarenakan perkembangan situs belanja online yang pesat di Indonesia, perilaku konsumen Indonesia juga sudah mulai berubah dan terbiasa dengan belanja online. Dengan begitu, tren belanja online diyakini akan terus meningkat di pasar Indonesia.

7.     Dokumentasi







0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html